Selasa, 24 Oktober 2017

Flowchart


1. Pengertian Flowchart

    Pengertian flowchart Inilah arti flowchart yang seringkali digunakan dalam mengartikan apa itu flowchart (Diagram alir). Flowchart atau diagram alir seringkali digunakan dalam perindustrian manufakturing untuk bisa menggambarkan segala proses operasionalnya sehingga terasa mudah untuk dipahami dan dilihat berdasarkan urutan langkah dari proses yang satu ke proses yang lainnya. Diagram alir atau flowchart seringkali dipakai untuk menjalankan suatu proses produksi. Disamping itu, diagram alir atau flowchart ini juga dipakai dalam melaksanakan analisis terhadap proses produksi sehingga bisa melakukan peningkatan atau perbaikan proses secara berkesinambungan atau terus menerus.

     Pada dasarnya, diagram alir atau flowchart termasuk alat yang dipakai untuk bisa melakukan perencanaan proses, analisis proses dan mendokumentasikan proses sebagai standar pedoman dalam produksi.

     Flowchart merupakan salah satu QC 7 tools (7 alat pengendalian kualitas) yang sudah diperkenalkan oleh Mr. Kaoru Ishikawa di tahun 1968 bersamaan dengan alat-alat lainnya seperti Pareto Chart, Scatter Diagram, Histogram, Control Chart, Cause and Effect Diagram (fishbone Chart) dan Check sheet.

      Sebutan-sebutan lain untuk flowchart atau diagram alir antara lain, flow diagram, process flowchart, process map, business model dan work flow diagram.


    Flowchart atau diagram alir termasuk alat atau tool dasar dan mudah dipergunakan serta sangat bermanfaat untuk perusahaan manufakturing dalam mengidentifikasi segala proses operasionalnya terutama untuk bisa menjelaskan setiap langkah dalam menjalankan proses operasionalnya.


2. Jenis-Jenis Flowchart

Flowchart terbagi atas 5 jenis yakni:

· Flowchart Sistem (System Flowchart)
· Flowchart Flowchart Dokumen – (Document Flowchart)
· Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)
· Flowchart Program (Program Flowchart)
· Flowchart Proses (Process Flowchart)


3. Jenis Flowchart

Flowchart adalah sekumpulan gambar tertentu untuk menyatakan alur dari program yang akan ditranslasi ke salah satu bahasa pemrograman. Manfaat flowchart sama seperti halnya algoritma yakni untuk menuliskan alur program tetapi dalam bentuk simbol atau gambar.

Flowchart terbagi atas 2 bagian yaitu:
a. Flowchart yang menggambarkan alur dari system
b. Flowchart yang menggambarkan alur pada suatu program.



























Sumber:https://informasiana.com/pengertian-flowchart-jenis-jenis-flowchart-dan-contohnya/


https://www.google.co.id/search?q=simbol+flowchart&tbm=isch&source=iu&pf=m&ictx=1&fir=4j1PiEMeVn-51M%253A%252CvWLFwoxmOVzMmM%252C_&usg=__r3Bea-WtuRX-xci1zk6N8tGA4LE%3D&sa=X&ved=0ahUKEwjBz-Tc_YjXAhXEqY8KHWs6DcAQ9QEILzAC#imgrc=4j1PiEMeVn-51M

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys