Selasa, 24 Oktober 2017

Struktur Kendali



FOR ( Pengulangan Tanpa Kondisi )

      For merupakan struktur pengulangan dimana aksi dilakukan sebanyak hitungan pencacah pengulangan. Pencacah pengulangan dapat diset sesuai dengan nilai yang ingin kita mulai.


      Contoh: For pencacah pengulangan dari x sampai y do berarti aksi dilakukan sebanyak hitungan pencacah pengulangan, yaitu dari x sampai y sebanyak b-a+1 kali.


WHILE – DO ( pengulagan dengan Kondisi )

      While berarti selagi/ selama dan do berarti lakukan. Jadi, while-do artinya struktur pengulangan dimana selama kondisi ( persyaratan ) pengulangan masih benar, maka aksi dikerjakan.

      Contohnya saja pada repeat-until tadi selama kita memasukkan NIM tidak benar/ belum ditemukan akhir tabel belum terlampaui, maka dapat dicari NIM pada entry tabel yang sama, jikasudah ditemukan mengambil nilai tersebut, selanjutnya meninjau entry berikutnya didalam table.

      Contoh: Program Pencarian{Program mencari nilai mahasiswa didalam tabel dengan NIM= a.Tabel sudah berisi data NIM,nama dan nilai}


REPEAT - UNTIL ( Pengulangan dengan Kondisi )

       Repeat berarti ulangi dan until berarti sampai. Jadi, repeat-until adalah struktur pengulangan dimana aksi dilakukan hingga kondisi (persyaratan ) berhenti terpenuhi.

       Contoh: Misalkan kita ingin mengetahui nilai dari mahasiswa jika data masukannya adalah NIM.






















Sumber: http://suharnan.blogspot.co.id/2011/12/for-do-while-do-repeat-until-array.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys